Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info
Toad Jumping Up and Down

Minggu, 22 April 2012

PEMBAGIAN ZAMAN MENURUT ILMU ILMU GEOLOGI


1. Zaman Tertua(Arkaikum)
Zaman ini disebut juga zaman Azaikum yang berlangsung sekitar 2.500 juta tahun. Pada zaman itu kulit bumi masih sangat panas karena dalam proses pembentukan sehingga belum ada tanda-tanda kehidupan.
2. Zaman Hidup Tua(Paleozoikum)
Zaman ini disebut zaman primer(pertama) yang berlangsung sekitar 340 juta tahun. Sudah ada tanda-tanda kehidupan, contohnya makhluk hidup bersel satu, hewan-hewan kecil yang bertulang punggung, jenis-jenis ikan, amfibi, dan reptil.
3. Zaman Pertengahan(Mesozoikum)
Zaman ini disebut zaman sekunder(kedua) yang berlangsung sekitar 140 juta tahun. Contoh makhluk hidup yang sudah ada dizaman ini adalah reptil yang ukuran tubuhnya sangat besar. Diantaranya Dinosaurus dan Atlantosaurus. Berbagai jenis burung mulai tampak. Namun, zaman ini dinamakan zaman reptil, sebab hewan terbanyak pada zaman ini adalah hewan reptil.
4. Zaman Hidup Baru(Neozoikum) atau Kainozoikum
Zaman ini berlangsung sekitar 60 juta tahun.Zaman ini dibagi menjadi dua, yaitu:
a) Zaman Tersier(Zaman Ketiga)
Zaman ini binatang menyusui berkembang sempurna sedangkan reptil berangsur-angsur lenyap. Primata dan Kera manusia mulai nampak pada zaman ini.
b) Zaman Kuarter(Zaman Keempat)
Zaman ini merupakan awal kehidupan manusia. Ada 2 zaman di zaman keempat ini. yaitu:
1.Zaman Diluvium(Pleistosen)
Zaman Pleistosen disebut zaman es. Selama masa pleistosen telah terjadi 4 kali zaman es, yaitu Gunz, Mindel, Rizs, Wurm. Masa diantara zaman es disebut masa interglasial(Bagian barat Indonesia bersatu dengan Asia, sedangkan bagian Indonesia Timur bersatu dengan Australia)
Tenggelamnya daratan yang menghubungkan Indonesia dengan Asia menyebabkan terbentuknya paparan sunda.  Sedangkan yang menghubungkan Indonesia dengan Australia adalah Paparan Sahul.
2. Zaman Holosen
Pada zaman ini manusia kemampuan manusia makin meningkat seirama dengan perkembangan fisik dan akal budinya. Corak kehidupannya hidup menetap di Gua-gua, menjinakkan hewan buruan, dan bercocok tanam.

2 komentar:

 
Copyright © My Journey